Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Orang indonesia saat ini memang lebih banyak yang mengkonsumsi beras putih, namun anda harus tau kalau beras merah memiliki lebih banyak manfaat dari pada beras putih. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah merupakan pilihan terbaik dari segi gizi dan manfaat kesehatan lainnya.

Mengapa lebih baik makan nasi merah? Sebelum nasi putih melalui proses penyulingan, dulu nasi putihnya terlihat persis seperti nasi merah. Pemurnian beras putih menghilangkan "integritas alami" pada biji-bijian dalam beras yang kaya akan protein, tiamin, kalsium, magnesium, serat, dan kalium. Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau Anda yang menderita diabetes, mengonsumsi beras merah bisa menjadi pengganti nasi putih yang lebih sehat mengingat rendahnya kadar glikemik yang membantu mengurangi lonjakan insulin dalam tubuh.

Sayangnya, semua orang masih lebih suka makan nasi putih, padahal nasi putih telah kehilangan zat besi, vitamin, zat besi, magnesium, dan nutrisi lainnya selama proses pemurnian. Produsen beras putih juga biasanya harus menambahkan zat aditif yang tidak alami berupa vitamin dan zat besi sintetis, agar bisa dipasarkan ke masyarakat sebagai “makanan bergizi”.

Lalu, apa Manfaat Beras Merah bagi kesehatan kita? Yuk, simak daftar manfaat beras merah di bawah ini.

Kaya akan Selenium

Manfaat beras merah yang pertama adalah dapat membebaskan Anda dari berbagai penyakit berat. Ini karena beras merah kaya akan selenium yang mengurangi risiko penyakit seperti kanker, jantung, dan radang sendi.

Kaya akan Magnesium

80% kebutuhan magnesium harian kita bisa terpenuhi dengan segelas beras merah. Magnesium dapat membantu tubuh membuat lemak yang sehat. Magnesium ini bisa membantu memperbaiki sistem saraf kita.

Bisa Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam beras merah menjaga fungsi usus tetap pada puncaknya karena mempermudah pencernaan. Ini adalah hal yang baik untuk orang biasa yang menginginkan pencernaan lebih lancar. Selain itu, nasi merah juga membuat perut lebih cepat terasa kenyang atau kenyang yang artinya porsi makanan lebih sedikit.

Whole Grain

Beras merah ini termasuk kepada golongan biji – bijian, yang mana kita tau jika biji – bijian sangat baik bagi tubuh kita. Penyakit jantung bisa di cegah dengan mengkonsumsi biji – bijian, tentu dengan mengkonsumsi beras merah ini akan mencegah kita terserang penyakit jangtung yang sangat membahayakan.

Kaya Antioksidan

Anda harus tahu apa itu antioksidan dan biasanya antioksidan dikaitkan dengan blueberry, stroberi, serta buah dan sayuran lainnya. Kapasitas antioksidan nasi merah melebihi buah-buahan tersebut, lho.

Kaya akan Serat

Beras merah merupakan makanan sehat yang tinggi serat dan beras merah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus besar. Ini karena tingginya kadar serat alami yang terkandung dalam beras merah. Serat ini menempel pada zat penyebab kanker serta racun di dalam tubuh, lalu mengeluarkannya dan mencegahnya menempel di dinding usus besar.

Pelepasan Gula Secara Lambat

Beras merah membantu menstabilkan kadar gula darah, oleh karena itu beras merah menjadi pilihan makanan yang sangat baik bagi Anda yang menderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu setengah gelas beras merah yang dimakan setiap hari mengurangi risiko diabetes hingga 60%. Di sisi lain, mereka yang mengonsumsi nasi putih secara teratur meningkatkan kemungkinan terkena diabetes hingga ratusan kali lipat.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label