Langkah-Langkah Mengemas Paket Sebelum Dikirim ke Layanan Ekspedisi Luar Negeri

Berbeda dengan pengiriman dalam negeri, pengiriman paket ke luar negeri dengan ekspedisi akan memakan waktu lama seperti ekspor indonesia ke thailand. Perubahan tempat, kendaraan, dan perubahan suhu akan mempengaruhi kualitas barang yang dibungkus di dalamnya. Barang yang Anda kemas dengan baik mungkin datang dengan kualitas yang baik. Lain ceritanya jika Anda cenderung cuek dengan proses pengepakan.

Agar paket Anda tidak rusak sebelum sampai di tempat tujuan, perhatikan hal-hal berikut saat membungkusnya:

Pahami karakter barang yang akan dikirim

Dalam hal ini, Anda harus bisa menempatkan barang yang ingin Anda kirim. Entah barang tersebut berupa barang pecah belah seperti keramik dan kaca, mudah diatur seperti kain dan kertas, atau akan melalui berbagai pemeriksaan seperti gadget dan alat elektronik. Setelah mengenal karakternya, Anda bisa menyesuaikan jenis bungkusnya. Misalnya plastik dan lakban untuk kain atau bagor jika ukurannya lebih besar. Yang pasti, barang-barang tersebut harus dikemas dengan rapi dan kuat.

Aturlah barang-barang serapat dan serapi mungkin

Mengenai poin sebelumnya, apakah Anda akan mengirimkan lebih dari satu item? Jika demikian, artinya Anda harus menatanya serapi dan semirip mungkin. Apalagi jika ingin mengirim perangkat berupa smartphone yang terdiri dari beberapa komponen.

Bungkus item dalam lapisan

Baik untuk barang yang tidak mudah rusak atau rapuh, pastikan paket yang akan dikirim sudah terbungkus berlapis-lapis. Berikut adalah pembungkus yang dapat Anda gunakan dalam pengemasan:

Lapisan pertama: plastik agar barang tidak terkena air / mudah basah;

Lapisan kedua: bubble wrap agar barang tidak mengalami benturan langsung;

Lapisan ketiga: karton tebal untuk menempelkan alamat penerima dan pengirim;

Lapisan keempat: clear tape atau lakban untuk membungkus seluruh bagian - termasuk alamatnya agar tidak luntur saat terkena air.

Seperti yang sudah disebutkan, pastikan ukuran kemasan sesuai dengan barang agar tidak rusak secara fisik akibat benturan atau goresan.

Pastikan alamat penerima terdaftar dengan lengkap

Jika barang Anda dikembalikan, Anda sebagai pengirim akan kehilangan dan penerima harus menunggu lebih lama karena Anda mau tidak mau harus mengirimkannya lagi. Saat Anda menulis alamat penerima, pastikan alamat tersebut terdaftar dengan lengkap. Jika memungkinkan, Anda dapat meminta alamat yang benar kepada penerima agar paket sampai sesuai perkiraan.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label